SMP PGRI 5 DENPASAR MELAKSANAKAN LOMBA MEMBACA PUISI BALI ANYAR SE-KOTA DENPASAR DAN BADUNG SERANGKAIAN BULAN BAHASA BALI IV TAHUN 2022

Bulan Bahasa Bali merupakan salah satu Program Pemerintah Provinsi Bali dalam upaya pelestarian, pengembangan, dan pemajuan Bahasa, Aksara, dan Sastra Bali. Peraturan ini sudah tercantum dalam Peraturan Gubernur No. 80 tahun 2018 tentang Perlindungan dan Penggunaan Bahasa, Aksara, dan Sastra Bali. Acara Bulan Bahasa Bali IV tahun 2022 yang dilaksanakan Pemerintah Provinsi Bali mengambil tema Danu Kertih : Gitaning Toya Ening yang artinya Air sebagai sumber Pengetahuan, bermakna Bulan Bahasa Bali sebagai representasi pengetahuan yang mengalir tiada henti memancarkan kebajikan, kesejahteraan, dan kemuliaan dunia. Acara ini juga merupakan implementasi Visi : Nangun Sat Kerthi Loka Bali melalui Pola Pembangunan Semesta Berencana menuju Bali Era Baru, yang mengandung makna menjaga kesucian dan keharmonisan Alam Bali beserta isinya, untuk mewujudkan kehidupan Krama Bali yang sejahtera dan bahagia sekal-niskala.

Dalam rangka menyambut Bulan Bahasa Bali yang ke IV tahun 2022, SMP PGRI 5 Denpasar melaksanakan serangkaian Lomba-lomba yang bertujuan untuk melestarikan bahasa, Aksara, dan Sastra Bali. Lomba yang dilaksanakan dibagi menjadi dua jenis yaitu Lomba Internal dan Eksternal. Lomba internal diikuti oleh siswa-siswa kelas VII, VIII, dan IX SMP PGRI 5 Denpasar, sedangkan Lomba Ekternal diikuti oleh siswa-siswa SD se-kota Denpasar dan Badung.

Untuk jenis Lomba Internal yang lomba yang dilaksanakan antara lain Lomba Nyurat Aksara Bali yang diikuti oleh siswa-siswa kelas VII dan VIII, Lomba Fotografi yang diikuti oleh siswa-siswa kelas VII,VIII,dan IX ,Lomba Video Kreatif yang diikuti oleh siswa-siswa kelas VII,VIII,dan IX . Dan untuk Lomba Eksternal yang dilaksanakan yaitu Lomba Membaca Puisi Bali Anyar yang diikuti oleh siswa-siswa SD se-kota Denpasar dan Badung.

Pelaksanaan lomba internal dilaksanakan dari tanggal 18 februari sampai dengan 23 februari 2022 dengan system online, dimana para siswa mengumpulkan video dan foto ke drive panitia yang selanjutnya dilakukan seleksidan penilaian oleh para juri yang kompeten di bidangnya. Untuk lomba eksternal dilaksanakan secara semi online dengan penilaian awal dilaksanakan 17 s.d 22 februari 2022 melalui video yang dikirim kan peserta dan untuk 10 besar terbaik kemudian dilaksanakan penilaian langsung yang dilaksanakan pada 25 februari 2022 di aula SMP PGRI 5 Denpasar
Pengumuman Juara dan kegiatan penyerahan hadiah diselenggarakan pada 23 februari 2022 di Aula serbaguna SMP PGRI 5 Denpasar dengan menerapkan protocol kesehatan. Aadapun juara-juara yaitu :
A. Lomba Internal
1. Lomba Nyurat Aksara Bali :
– Juara I : Putu Kamila Putri Meilani (VIII.C)
– Juara II : Ni Komang Dewi Apriyani (VIII.B)
– Juara III : Made Mas Ayu Dinda Pramesti (VII.B)
2. Lomba Fotografi :
– Juara I : Kelas VII.C
– Juara II : Kelas VII.B
– Juara III : Kelas IX.C
– Juara Favorit Kelas VIII.E
3. Lomba Video Kreatif
– Juara I : Kelas VII.C
– Juara II : Kelas VIII.A
– Juara III : Kelas IX.E
– Juara Favorit : Kelas IX.C
B. Lomba Eksternal (Puisi Bali Anyar ) :
– Juara I : Made Ayu Dia Prastya Dewi (SDN 3 Pemecutan)
– Juara II : Made Nararya Radya Kumara (SDPN Tulang Ampiang)
– Juara III : Ni Kadek Ayu Sastriani (SDN 14 Padangsambian)

Berdasarkan kegiatan lomba serangkaian Bulan Bahasa Bali yang diselenggarakan di SMP PGRI 5 Denpasar, kami berharap agar acara ini menjadi salah satu acuan untuk generasi muda kita dalam melestarikan budaya Bali, melalui penggunaan dan pengembangan bahasa, aksara dan sastra Bali.