PERINGATI BULAN BAHASA BALI KE IV TAHUN 2022, SMP PGRI 5 DENPASAR GELAR LOMBA MEMBACA PUISI BALI ANYAR UNTUK SD SE-KOTA DENPASAR DAN BADUNG

Bulan Bahasa Bali merupakan salah satu Program Pemerintah Provinsi Bali dalam upaya pelestarian, pengembangan, dan pemajuan Bahasa, Aksara, dan Sastra Bali. Peraturan ini sudah tercantum dalam Peraturan Gubernur No. 80 tahun 2018 tentang Perlindungan dan Penggunaan Bahasa, Aksara, dan Sastra Bali. Acara Bulan Bahasa Bali IV tahun 2022 yang dilaksanakan Pemerintah Provinsi Bali mengambil tema Danu Kertih : Gitaning Toya Ening yang artinya Air sebagai sumber Pengetahuan, bermakna Bulan Bahasa Bali sebagai representasi pengetahuan yang mengalir tiada henti memancarkan kebajikan, kesejahteraan, dan kemuliaan dunia. Acara ini juga merupakan implementasi Visi : Nangun Sat Kerthi Loka Bali melalui Pola Pembangunan Semesta Berencana menuju Bali Era Baru, yang mengandung makna menjaga kesucian dan keharmonisan Alam Bali beserta isinya, untuk mewujudkan kehidupan Krama Bali yang sejahtera dan bahagia sekal-niskala.

Dalam rangka menyambut Bulan Bahasa Bali yang ke IV tahun 2022, SMP PGRI 5 Denpasar melaksanakan berbagai lomba. Loma yang dilaksanakan dibagi menjadi dua jenis yaitu Lomba Internal dan Lomba Ekternal. Lomba internal yang dilaksanakan diikuti oleh siswa-siswa SMP PGRI 5 Denpasar dari kelas 7,8,dan 9.  Adapun jenis Lomba Internal yang dilaksanakan yaitu Lomba Nyurat Aksara Bali yang diikuti oleh siswa-siswa kelas VII dan VIII SMP PGRI 5 Denpasar, Lomba Fotografi yang diikuti oleh siswa-siswa kelas VII,VIII,dan IX SMP PGRI 5 Denpasar, Lomba Video Kreatif yang diikuti oleh siswa-siswa kelas VII,VIII,dan IX SMP PGRI 5 Denpasar. Sedangkan Untuk lomba Eksternal yang dilaksanakan yaitu Lomba Membaca Puisi Bali Anyar yang diikuti oleh siswa-siswa SD se-kota Denpasar dan Badung.

Pelakasanaan Lomba Internal dilaksanakan pada hari Jumat, 18 Februari 2022 untuk Lomba Nyurat Aksara Bali sedangkan untuk lomba Fotografi dan Video Kreatif melalui pengiriman online via googledrive dengan batas akhir pengumpulan tanggal 23 februari 2022

Pelaksanaan lomba eksternal dilaksanakan dengan dua tahap. Tahap pertama dengan seleksi online, dimana setiap peserta mengirimkan video ke panitia dengan batas pengumpulan akhir di tanggal 22 Februari 2022 dan tahap kedua penampilan langsung dari 10 peserta terbaik dari hasil seleksi yang dilaksanakan pada tanggal 25 februari 2022.

Kegiatan penyerahan hadiah ini diselenggarakan di Aula serbaguna SMP PGRI 5 Denpasar dengan menerapkan protocol kesehatan. Kegiatan dhadiri oleh Disdikpora Kota Denpasar, Pembina SMP PGRI 5 Denpasar, dan Peserta yang memporeh Juara. Dalam Sambutannya Kepala SMP PGRI 5 Denpasar selaku Penanggungjawab kegiatan berharap melalui kegiatan ini para siswa dapat mengembangkan potensi dan bakat yang dimilikinya melalui kegiatan yang positif dan terarah dan dapat menumbuhkan kecintaannya pada Bahasa Bali sabagi bahasa Ibu. adapun juara-juara yaitu:

  1. Lomba Internal
  2. Lomba Nyurat Aksara Bali :
  • Juara I :  Putu Kamila Putri Meilani (VIII.C)
  • Juara II : Ni Komang Dewi Apriyani (VIII.B)
  • Juara III : Made Mas Ayu Dinda Pramesti (VII.B)
  1. Lomba Fotografi :
  • Juara I :  Kelas VII.C
  • Juara II : Kelas VII.B
  • Juara III : Kelas IX.C
  • Juara Favorit Kelas VIII.E
  1. Lomba Video Kreatif
  • Juara I : Kelas VII.C
  • Juara II : Kelas VIII.A
  • Juara III : Kelas IX.E
  • Juara Favorit : Kelas IX.C
  1. Lomba Eksternal (Puisi Bali Anyar ) :
  • Juara I : Made Ayu Dia Prastya Dewi (SDN 3 Pemecutan)
  • Juara II : Made Nararya Radya Kumara (SDPN Tulang Ampiang)
  • Juara III : Ni Kadek Ayu Sastriani (SDN 14 Padangsambian)