PENGUKUHAN KEPALA SMP PGRI 5 DENPASAR

Jumat tanggal 5 november menjadi tonggak baru bagi SMP PGRI 5 Denpasar. Pada hari itu bertempat di Aula SMK PGRI 3 Denpasar dilaksanakan Pelantikan dan pengukuhan 3 Kepala Sekolah di Lingkungan YPLP PGRI Kota Denpasar dan salah satunya diantaranya adalah SMP PGRI 5 Denpasar.

Kegiatan dihadiri oleh Plt. Kadisdikpora Denpasar, Dr. Ir. IGN Eddy Mulya, M.Si., Kabid Pembinaan SMP A.A. Wiratama, Ketua PGRI Bali, I Komang Artha Saputra, S.Pd.,   M.Pd.,   Ketua   PGRI Kota Denpasar, Drs. I Ketut Suarya, M.Pd., dan Ketua YPLP PGRI Bali Dr. I Made Suada,M.Si. serta seluruh perwakilan sekolah PGRI di lingkungan Kota Denpasar.

Dalam kegiatan ini selain pengukuhan juga dilaksanakan menandatangani pakta integritas diserahkan sertifikat pelatihan calon kasek bagi enam guru SMP di lingkungan YPLP.

Bapak Kadek Radita Berata, S.Pd sendiri sebelumnya sesuai dengan Surat Keputusan Pengurus Perwakilan YPLP Kota PGRI Denpasar No.424/C.1/YPLP PGRI DPS/III/2021 tertanggal 30 Maret 2021 tetang Pemberhentian dan pengangkatan Kepala SMP PGRI 5 Denpasar, telah resmi menjabat sebagai Kepala Sekolah menggantikan Kepala Sekolah terdahulu Bapak I Wayan Wirasa, M.M., M.Pd yang telah meninggal pad Desember tahun lalu. Dan acara ini merupakan rangkaian kegiatan sebagai pengenalan Kepala Sekolah Baru kepada Dinas, Yayasan dan Warga sekolah tempat mereka bertugas.

Bapak I Kadek Radita Berata merupakan Guru Tetap Yayasan di SMP PGRI 5 Denpasar. Mulai mengajar sebagai guru mata pelajaran PPKn dari tahun 2007. Selain itu sebelumnya almamater IKIP Saraswati Tabanan ini  juga menjabat sebagai wakil kepala sekolah bidang kesiswaan. Beliau dikenal tegas dalam tugasnya selama menjabat sehingga berdampak baik pada kedisiplinan siswa di sekolah. Selain itu beliau juga aktif dalam kegiatan ektra PMR.

Proses penjaringan calon kasek di sekolah PGRI berjalan demokratis dengan memperhatikan aspirasi guru dan karyawan. Buktinya, calon kasek yang diproses YPLP adalah atas usulan dari sekolah. Jika ter- jadi friksi, barulah tim terjun ke sekolah melakukan cross check terhadap usulan seko- lah. Dengan demikian sekolah PGRI menjadi bermutu dan lebih maju serta bermartabat melalui regenerasi pemimpin dan regenerasi mindset

Ketua Pengurus Perwakilan YPLP PGRI Kota Denpasar I Nengah Madiad- nyana mengungkapkan, sekalipun syarat sertifikat cakep belum berlaku bagi kasek swasta, namun YPLP PGRI Denpasar mengikuti aturan sama dengan kasek sekolah negeri agar bisa menjaring calon berkualitas. Sedangkan syarat guru penggerak meru- pakan ketentuan baru dari Kemendikbud.

Ketua Perwakilan PGRI Bali, I Made Suada menekankan bahwa sekolah PGRI bukan milik perseoran- gan tapi milik YPLP PGRI Pusat. Kasek diberikan tugas menjalankan manajemen sekolah. Sementara itu, Ketua PGRI Kota Denpasar I Ketut Suarya menekankan kasek yang dilantik menjadi pemimpin dengan ciri berpikir, berbuat dan bermimpi lebih dari yang lainnya.

Plt. Kadisdikpora Kota Denpasar, Dr. Ir..IGN Eddy Mulya, M.Si., mengajak jajaran sekolah menyiapkan diri menjadi smart education. Smart city dan smart people bisa diwujudkan oleh smart education. Ciptakan sekolah sebagai ruang terbuka lewat sentuhan Iptek dan lingkun- gan pembelajaran. Terkait dengan itu dia mendorong kasek PGRI kedepankan kepemimpinan transformasional yang bercirikan visioner, adaptif dengan perubahan dan pengelolaan sekolah yang dinamis. Ciri selanjutnya menginspirasi, bersikap terbuka dan progresif. Kata kuncinya, kasek harus menjadi agen perubahan.