PERAYAAN HUT PGRI KE 76 DAN HARI GURU NASIONAL, BERGERAK DENGAN HATI, PULIHKAN PENDIDIKAN

Kamis, 25 november 2021 merupakan peringatan Hari Guru di nasional yang juga bertepatan dengan  hari ulang tahun Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI). Hari Guru adalah hari untuk menunjukkan penghargaan terhadap guru, dan diperingati pada tanggal yang berbeda-beda bergantung pada negaranya. Di beberapa negara, hari guru merupakan hari libur sekolah. Di Indonesia, Hari Guru Nasional diperingati

Setiap tahunnya, Kementerian Pendidikan, Budaya, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) memperingati Hari Guru Nasional pada 25 November dengan tema yang berbeda.  Dikutip dari kemendikbud.go.id, tema untuk Hari Guru Nasional tahun ini adalah “Bergerak dengan Hati, Pulihkan Pendidikan”.

Adapun pada surat edaran Kemendikbudristek Nomor 81555/MPK/TU.02.03/2021 tentang Pedoman Peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2021 terdapat imbauan kepada satuan pendidikan, kantor instansi pusat dan daerah, serta kantor perwakilan Republik Indonesia di luar negeri untuk memeriahkan peringatan Hari Guru Nasional 2021 melalui berbagai media publikasi cetak, elektronik, serta media sosial dengan menggunakan logo dan tema yang sudah dibuat.

Selain itu ada juga imbauan untuk mencantumkan tagar #BergerakDenganHati #DemiKemajuan dalam unggahan konten peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2021 di media sosial.

SMP PGRI 5 Denpasar bersama dengan SMP Negeri 2 Denpasar menyelenggarakan upacara bendera terbatas dalam memperingati hari guru dan ulang tahun PGRI. Upacara yang hanya di ikuti oleh para guru dan staf pegawai . Upacara dimulai pada pukul 07.30 wita bertempat di lapangan SMP Negeri 2 Denpasar.  Upacara dipimpin oleh Kepala SMP Negeri 2 Denpasar , I Gusti Agung Ayu Seniwati, S.Pd yang juga selaku Pembina di SMP PGRI 5 Denpasar.

Selepas upacara bendera, dilanjutkan dengan  Acara  potong kue oleh bapak Kepala SMP PGRI 5 Denpasar di SMP PGRI 5 Denpasar dalam rangkain HUT PGRI. Diselipkan juga penyampaian doa dan harapan untuk guru dan sekolah ke depannya. Dalam acara ini juga dilakukan pemberian buket bunga kepada perwakilan guru sebagai bentuk apresiasi atas dedikasinya kepada sekolah.
Untuk tahun ini, kepada perwakilan guru pria diberikan kepada pak I Nyoman Sugita, S.Pd selaku Wakil Kepala sekolah atas kegigihan beliau selama ini dalam perkembangan sekolah selama masa pandemic   Covid-19 ini. Dan untuk guru perempuan diberikan kepada Ibu Ni Nyoman Orhitra Sari, S.Pd selaku guru mata pelajaran Seni budaya atas apresiasi dalam menggerakkan seni tari dan perannya dalam sosialisasi media sosial SMP PGRI 5 Denpasar.

Bapak kepala sekolah berharap  di HUT Guru Nasional ini guru itu dapat menjadi sebuah profesi yang bisa menjanjikan kesejahteraan. Agar tidak ada lagi profesi guru sebagai profesi pilihan ke 2. Apabila gagal di sebuah profesi akhirnya memilih menjadi guru. Dan guru itu memang menjadi sebuah cita cita yang harus diraih sehingga akan muncul guru guru yang berdedikasi tinggi terhadap profesinya tersebut.

Disamping dirinya juga berharap agar pemerintah tetap memberikan perhatian kepada sekolah sekolah swasta dimana disana banyak guru guru berprestasi dan berdedikasi yang mencoba untuk mengejar mimpi mencerdaskan anak bangsa dengan sedikit berharap adanya kesejahteraan Yang bisa mereka dapatkan.