PERINGATI HARI RAYA TUMPEK UYE, SMP PGRI 5 DENPASAR TEBAR BIBIT IKAN

Sabtu, 29 Januari 2022 merupakan hari istimewa bagi hewan di Bali karena hari ini adalah perayaan raya Tumpek Uye atau Tumpek Kandang. Hari raya yang diperingati setiap 210 hari sekali tepatnya pada Saniscara Kliwon Wuku Uye. Pada hari raya ini umat hindu mengupacarai semua binatang baik itu binatang ternak atau lainnya.

Hal ini pula dilakukan oleh SMP PGRI 5 Denpasar di lingkungan sekolah serangkain hari raya tumpek kandang. Kegiatan diawali dengan persembahyangan bersama yang dilakukan oleh Kepala Sekolah, Guru dan perwakilan siswa dalam kegiatan diwakili oleh pengurus OSIS di halaman sekolah. Sebelum persembayangan dilakukan upacara pada hewan peliharaan yang ada di sekolah seperti burung dan ayam. Yang kemudian dilanjutkan dengan kegiatan bakti sosial dengan melakukan bersih-bersih di sekitar lingkungan sekolah.

Pada hari ini SMP PGRI 5 Denpasar juga melaksanakan pelepasan burung dan bibit ikan di sungai yang berada dekat dengan sekolah. Hal ini dilakukan untuk tetap menjaga lingkungan dan ekosistem di sekitar sekolah dan dapat menanam kecintaan siswa kepada lingkungan. Selain itu kegiatan ini sejalan dengan Instruksi Gubernur Bali Nomor 1 Tahun 2022 tentang Perayaan Hari Raya Tumpek Uye dengan Upacara Danu Kerthi sebagai Pelaksanaan Tata-Titi Kehidupan Masyarakat Bali Berdasarkan Nilai-Nilai Kearifan Lokal Sad Kerthi Dalam Bali Era Baru

Melalui kegiatan ini sekolah berharap warga sekolah dapat menjaga keselaran antara manusia dengan lingkungan khususnya hewan. Yang salah satunya dapat diwujudkan dengan menjaga ekosistem sungai dan memuliakan seluruh hewan di bumi melalui upacara Tumpek Kandang.

Dalam kegiatan ini kepala SMP PGRI 5 Denpasar juga menyampaikan untuk menjadikan kegiatan ini sebagai momentum untuk jangan tidak sayang dengan binatang karena binatang atau mahluk adalah kekuatan alam karenanya perlu dipelihara demi keharmonisan. Lebih lanjut beliau mengajak segenap warga sekolah ikut serta untuk menjaga alam.